• Alamat Redaksi
    & Tata Usaha :

    Jl. Tanah Abang Timur No. 3 Jakarta Pusat
    Telp. 081 380 002 462 - 081 330 194 299
    E-mail :
    metrobhayangkara@gmail.com
    Website : www.metrobhayangkara.co.cc

  • Fans


  • POLRI

  • POLRI

  • POLDA

  • PUSKOMINFO BID HUMAS POLDA

  • Jakarta Pusat

  • Jakarta Selatan

  • DKI Jakarta

  • Jakarta Pusat

  • POLDA

  • POLDA

  • POLDA

  • POLDA

  • Advertisements

Polda Jatim Kampanye Tertib Lalin di ITS

Surabaya, MB.

Mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, Kepolisian Republik Indonesia menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas di Grha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, yang dikemas dalam Police Goes to Campus, Rabu (9/3/2011).

Pembantu Rektor III ITS, Prof Dr Suasmoro mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan momen bersatunya polisi dan kampus. ”Saya sangat senang dengan adanya kegiatan semacam ini,” kata Suasmoro.

Apalagi, di kampus banyak mahasiswa yang notabene merupakan anak muda. Sehingga dirasa tepat sekali jika sosialisasi ini diberikan, sehingga tujuan diselenggarakannya lalu lintas dan angkutan jalan bisa terwujud dengan aman, tertib, selamat, lancar dan terpadu.

Karena itu, penanganan persoalan lalu lintas tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja, namun harus secara komprehensif dengan melibatkan semua stakeholder yang ada, disamping juga diperlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Dikatakannya, perkembangan yang terjadi saat ini, korban kecelakaan lalu lintas terus meningkat dan justru cenderung dominan pada pengemudi dan penumpang usia produktif, yaitu pada para pelajar dan mahasiswa.

Dari data yang ada, pada 2009 tercatat kejadian kecelakaan lalu lintas sebanyak 63.218 kali. Sedangkan pada tahun 2010 terjadi 68.677 kali. “Ini berarti terjadi kenaikan sampai 8,64 persen,”katanya.

Sementara korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada 2009 berjumlah 20.168 jiwa. Dan pada 2010 korban meninggal dunia sebanyak 20.299 jiwa. Kalau kita rata-rata, berarti setiap hari ada 56 jiwa yang melayang sia-sia karena kecelakaan lalu lintas.

Khusus untuk Jawa Timur, pada 2010 tercatat 10.198 kejadian kecelakaan lalu lintas, dengan korban meninggal dunia 3.710. “Ini berarti di Jawa Timur saja, setidaknya setiap hari 10 jiwa melayang akibat kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Salah satu sebabnya adalah akibat banyaknya pelanggaran yang dilakukan karena rendahnya pengetahuan dan disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya.

Untuk itu, polisi berusaha mewujudkan dan memelihara keamanan lalu lintas dan angkutan jalan. Di antaranya dengan cara penyusunan program nasional keamanan lalu lintas dan angkutan jalan, penyediaan dan pemeliharaan fasilitas dan perlengkapan keamanan lalu lintas dan angkutan jalan, pelaksanaan pendidikan, pelatihan, pembimbingan, penyuluhan, dan penerangan berlalu lintas dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dan etika masyarakat dalam berlalu lintas, serta pengkajian masalah keamanan lalu lintas dan angkutan jalan.

Saat ini, lanjutnya, jajaran polisi lalu lintas sudah menjalankan program-program keselamatan lalu lintas dalam rangka memberikan dukungan pada program global road safety partnership atau GRSP. Program yang dicanangkan oleh persatuan bangsa-bangsa ini bertujuan untuk mewujudkan keselamatan di jalan raya dengan menekan angka kecelakaan.

“Hal ini sangatlah penting karena sesungguhnya proses
pembentukan etika dan budaya berlalu lintas yang baik dan benar harus diberikan sejak usia dini,” urainya. [humas ITS]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: